Sabtu, 24 Januari 2015

3 Kesalahan Dalam Memilih Bedhead



Dalam dunia kesehatan di lingkungan keperawatan pasien dalam rumah sakit, kita sering mendapatkan bahwa masih banyak rumah sakit yang salah dalam melakukan desain kamar pasien yang menggunakan fasilitas layanan panel bedhead.


Kesalahan yang paling fatal adalah meniadakan bedhead dalam kamar pasien, dengan alasan estetika ruang yang mengkompromikan fungsi pelayanan dalam perawatan pasien. Bedhead adalah mutlak diperlukan dalam melayani segala kebutuhan pasien dalam keperawatan. 

Fungsi bedhead adalah sebagai satu tempat yang dapat mengintegrasikan dari penyediaan sumber daya listrik untuk keperluan peralatan medis, tempat dimana alat panggil perawat dan alat panggil tanda panik / darurat [Nurse Call System] serta ketersediaan untuk jalur oksigen, suction, dan udara tekan yang sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dalam rumah sakit.



3 Kesalahan Rumah Sakit memilih bedhead:

No.1. Bedhead berbahan kayu
Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pihak rumah sakit dalam memilih bahan sebagai bedhead panel. Bahan kayu dalam area keperawatan yang memerlukan upaya sterilisasi menjadi berat karena bahan kayu adalah non-higienis, berpori dan mudah terserang rayap, rawan api, dan dalam jangka panjang, kayu tidak dapat bertahan lama jika terjadi penggantian peralatan yang tertanam dalam bedhead tersebut. Murah diawal dan sangat mahal dikemudian hari.


Penggunaan bahan yang dapat menjadi tempat kuman dan bakteri berkembang patut diperhitungkan dalam upaya keselamatan dan kesehatan pasien dalam lingkungan keperawatan rumah sakit.

  • Kayu Berpori
  • Fire Rating Rendah
  • Rentan Rayap





No. 2. Bedhead Besi
Bahan logam besi lebih mahal dari anggaran kayu, untuk saat ini, namun penggunaan bahan besi harus diperhatikan terhadap keamanan dan kemudahan yang dapat dilakukan. Bahan besi dapat berkarat, tak hanya itu saja, bahan besi juga dapat menghantarkan aliran listrik sebagai konduktor.

Bedhead Besi akan menyulitkan bilamana pemasangan pada dinding berbahan selain bata, misalnya dinding kamar berbahan gypsum, multiplek, dan sejenisnya.

Pemasangan bedhead besi selain berat, juga tidak mudah dalam pembagian fungsi jalur peralatan yang akan dipasang didalamnya.





No. 3. Bedhead Baja
Penggunaan bahan baja, selain dari sisi biaya yang lebih mahal, faktor lain adalah bahan baja tidak mudah untuk dibentuk, bahkan pemasangan peralatan seperti Stop Kontak Listrik, Alat Panggil Perawat, dan Outlet Gas Medis akan jauh lebih sulit.

Dari sisi penampilan final menjadi kurang menarik ketika panel baja tersebut harus penyok disekitarnya karena untuk pelobangan skrup untuk menahan lempengan tersebut.

Proses pelobangan panel berbahan baja mempunyai tingkat kesulitan yang sangat tinggi, belum lagi ketika proses pemasangan peralatan pendukung layanan rumah sakit, seperti stop kontak, nurse call, medical gas outlet, dan lainnya.


Solusi Yang Tepat
Bedhead berbahan aluminium yang dilapisi oleh cat bubuk [powdercoat] dimana bahan aluminium jauh lebih ringan dari besi maupun baja. Sistem modular dengan penyekat yang dapat disesuaikan dengan peruntukan jenis peralatan yang ada dapat dengan mudah dilakukan. Bahan aluminium dapat disterilkan dengan mudah, ringan - anti karat, dan dapat dipasang pada segala jenis tipe dinding keperawatan dalam rumah sakit.

Permukaan tanpa pori, dapat disterilkan dengan cairan anti-septik, berbahan logam anti karat, dapat dibentuk dengan sistem modular.

1. Ringan dan praktis
2. Fleksibel untuk pemasangan
3. Biaya yang terjangkau







Artikel Terkait Lainnya



2 komentar:

  1. Jual alkes,instalasi gas medis,dan interior rumah sakit. Kunjungi profil Instagram @pt_sinarmedjaya yaa. No wa :0811-3387-052

    BalasHapus

Copyright © 2014 Ayari News